Simpanan Sukarela Berjangka

Tak hanya aman, dengan bergabung dalam Simpanan Sukarela Berjangka Anda telah ikut dalam gerakan berjamaah sebagai investor terbesar di beberapa Bank Syariah Indonesia. Jadikan Bank Syariah menjadi milik ummat, dikelola oleh ummat dan hasil sebesar-besarnya untuk kemaslahatan ummat.

Didasarkan atas akad Mudharabah, adalah akad antara dua pihak sebagai Shahibul Maal (Penyedia Modal) dan pihak lain sebagai Mudharib (Pengelola Modal). Atas kerjasama ini berlaku bagi hasil dengan nisbah yang telah disepakati.

Syarat dan Ketentuan Simpanan adalah sebagai berikut :

    1. Ketentuan dan Syarat Pembukaan SSB Kopindo Berjamaah
    1. Penyimpan perorangan/Lembaga.
    1. Mengisi permohonan keanggotaan dan pembukaan rekening simpanan. >>Download Form Pendaftaran<<
    1. Menyetorkan Simpanan Pokok sebesar Rp. 100.000,- dan Simpanan Wajib sebesar Rp. 100.000,-.
    1. Menyerahkan fotocopy identitas diri (KTP/SIM).

Jumlah Simpanan Awal

Jumlah Simpanan awal yang ditempatkan oleh Anggota adalah sebesar Rp. 1.000.000,- (Satu juta rupiah), dan dimungkinkan ditempatkan secara bertahap dan terus menerus.

Biaya Admin SSB Kopindo Berjamaah

Untuk biaya administrasi dikenakan sebesar Rp. 100.000,- (Seratus ribu rupiah) per tahun.

Tujuan Simpanan

SSB Kopindo Berjamaah akan ditempatkan di beberapa Bank Syariah dengan bekerjasama dengan PT. Paytren Aset Manajemen (PT. PAM) sebagai Manajer Investasi. Kerjasama ini menggunakan Kontrak Pengelolaan Dana Investasi Syariah. Melalui pengelolaan dana tersebut, diharapkan mendapatkan imbal hasil yang optimal dengan memanfaatkan potensi pertumbuhan dalam jangka panjang melalui alokasi strategis mayoritas pada Efek Syariah bersifat Ekuitas dalam Daftar Efek Syariah, yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Pasar Modal untuk memperoleh nilai Maslahah, dengan mengutamakan pada Ekuitas Perbankan Syariah.

Batasan / Kebijakan Investasi

Ditetapkan berdasarkan Tujuan Investasi dan pertimbangan yang telah disetujui antara Kopindo Berjamaah dengan PT. PAM yaitu :

          1. 0% sampai dengan 100% investasi pada Efek Ekuitas Syariah
          1. 0% sampai dengan 100%  investasi pada Efek Pendapatan Tetap dan/atau instrument Pasar Uang dan/atau Unit Penyertaan KIK Reksa Dana Syariah yang diterbitkan oleh Manajer Investasi atau MANAJER INVESTASI SYARIAH.

Jangka Waktu SSB Kopindo Berjamaah

Dana yang disetor akan ditempatkan sebagai Simpanan Sukarela Berjangka di Kopindo Berjamaah dengan jangka waktu simpanan selama 5 (lima) tahun. Selama jangka waktu tersebut dana simpanan tidak boleh diambil/dicairkan.

Bagi Hasil

Bagi hasil yang akan diberikan kepada Anggota Kopindo Berjamaah akan mengikuti skema bagi hasil yang dikelurkan oleh PT. PAM.

Tanggal PenyerahanPenempatan Dana

Tanggal SSB Anggota ditetapkan saat dana telah di setorkan oleh Kopindo Berjamaah ke rekening penampungan untuk investasi dan dinyatakan efektif oleh PT. PAM.

Tanggal Pengembalian Dana dan Bagi Hasil

Tanggal  penyerahan seluruh dana SSB Anggota berikut bagi hasilnya akan dikreditkan ke rekening Anggota (yang diinformasikan kepada Koperasi saat pertama kali mendaftar), selambat-lambatnya 1 (satu) bulan setelah SSB Anggota Jatuh tempo dan dana pengembalian telah diterima dari PT. PAM (dibuktikan dengan nominal penerimaan dana dari PT. PAM pada rekening Koperasi).

Nilai Pengembalian Simpanan

Apabila pada saat jatuh tempo, nilai pengembalian investasi mengalami kerugian, merujuk pada kesepakatan antara Kopindo Berjamaah dengan PT. PAM sebagai Manajer Investasi Syariah, maka PT. PAM akan mengembalikan investasi NASABAH (Kopindo Berjamaah) dalam bentuk aset dan/atau melakukan perpanjangan Perjanjian berdasarkan kesepakatan tertulis antara Kopindo Berjamaah dengan PT. PAM.